KOMUNIKASI
SUARA DAN KOMUNIKASI DATA
Macam-macam komunikasi yang ada :
1. Komunikasi suara
2. Komunikasi Berita dan Gambar
3. Komunikasi Data
a. Komunikasi Suara
Merupakan jenis komunikasi yang
paling umum digunakan berupa informasi yang disampaikan melalui perantara suara
untuk didengarkan.
Contoh dari komunikasi suara adalah
:
1. Komunikasi
siaran radio / radio broadcasting Informasi dipancarkan ke segala arah dan
siapapun diperbolehkan menerima informasi tersebut. Dan informasi yang
dikirimkan bersifat umum. Contoh : Radio RRI
2. Komunikasi
radio amatir Informasi dipancarkan kesegala arah tetapi jumlah pengirim dan
penerima informasi terbatas pada mereka yang mempunyai izin beroperasi.
Informasi bersifat pribadi. Contoh : ORARI
3. Komunikasi
radio 2 arah Informasi terbatas pada pengirim dan penerima yang beroperasi
dengan saluran / frequensi / gelombang yang sama dan jarak jangkauannya
terbatas sehingga sifat pribadinya dapat terjaga. Contoh : Handy-talky
4. Komunikasi
radio antar penduduk / citizen band Hubungan komunikasi bersifat pribadi,
jangkauannya terbatas dan kerahasiaan tidak terjamin karena semua pesawat
penerima sistem komunikasi dapat menerima informasi yang disampaikan. Contoh :
RAPI, Intercom
5. Komunikasi
radio panggil / paging system Digunakan untuk memanggil penerima yang merupakan
pelanggan dari pengirim, jarak jangkauannya terbatas. Contoh : Pager f.
Komunikasi telpon Bersifat pribadi murni / niaga, jumlah informasi yang
disampaikan tidak terbatas, kerahasian terjaga, jarak jangkauannya paling luas.
Menggunakan manajemen pertukaran. Contoh : Telephone dial, Handphone.
b. Komunikasi Berita dan Gambar
Merupakan komunikasi berupa
informasi berita tertulis ataupun gambar. Gambar yang dikirim berupa gambar
hidup (video) ataupun gambar diam (statis).
Contoh dari komunikasi berita dan
gambar adalah :
1. Komunikasi telegraf
2. Komunikasi telex
3. Komunikasi Faximile
4. Komunikasi Siaran T Komponen
Sistem Komunikasi
Komponen sistem komunikasi yang
utama adalah sebagai berikut :
1. Pengirim
(Tranceiver)
Pihak yang mengirimkan informasi,
misalnya pesawat telepon, telex, terminal, dan lain-lain. Tugasnya adalah
membangkitkan berita atau informasi dan menempatkannya pada media transmisi.
2. Media
Transmisi
Media yang digunakan untuk
menyalurkan (mengirimkan) ketempat tujuan (penerima), misalnya saluran fisik
(kabel), udara dan cahaya.
3. Penerima
(Receiver)
Pihak yang menerima informasi,
misalnya pesawat telepon, telex, terminal, dan lain-lain. Tugasnya adalah
menerima berita atau informasi yang dikirimkan oleh pengirim berita.
Tujuan utama dari komunikasi :
menyampaikan informasi dari 1 sumber ke sumber lain secara tepat dan cepat.
Berdasarkan cara penyampaian
informasinya, bentuk komunikasi terbagai atas 2 macam, yaitu :
1. Komuniksi dari titik ke titik
(point to point communications)
Informasi yang disampaikan oleh
pengirim hanya diberikan kpada 1 penerima saja. Contohnya : telepon, telex,
faxcimile, pager.
2. Komuniksi dari 1 titik ke segala
arah (broadcast communications)
Informasi yang disampaikan oleh
pengirim dapat diterima oleh siapa saja yang membutuhkan informasi tersebut.
Contohnya : komunikasi siaran radio dan televise
Cara kerja sistem komunikasi data
sederhana :
1. Berdasarkan
gbr yg ada, sistem komunikasi data meliputi komputer atau terminal yg bertindak
sebagai pengirim, modem, kabel penghubung, peralatan pengubah telepon,
fasilitas saluran pertukaran, penerima (komputer host dan terminal).
2. Komputer
dan terminal digunakan untuk memasukkan informasi. Alat tsb berupa terminal yg
ditempelkan ke mikrokomputer atau mainframe atau mikrokomputer dgn keyboard and
printer atau mesin fax atau alat masukan yg lain
3. Kabel
penghubung in the picture menghubungkan pengirim ke modem. Kabel tsb dpt berupa
coaxial cable, fiber optics, etc.
4. Modem
mengubah digital signal dr komputer atau fax ke analog signal sehingga
peralatan pengubah telepon dpt menerimanya. Sinyal ini kemudian diteruskan ke
fasilitas pengubah dan pengendali dr perusahaan telepon.
5. Dari
fasilitas pengubah dan pengendali, modem pada receiver akan mengubah
kembali analog signal ke digital signal untuk diteruskan ke komputer host atau
terminal untuk memproses pesan/informasi yg dikirimkan.
Jaringan komunikasi data
Jaringan adalah seri dr beberapa
point yg dihubungkan oleh beberapa jenis saluran komunikasi. Jaringan
komunikasi data merupakan kumpulan sirkuit komunikasi data yg dikelola sebagai
kesatuan tunggal. Kumpulan jaringan komunikasi data, org yg memasukkan
data, yg menerima data dan yg mengelola dan mengendalikan jaringan, membentuk
sistem komunikasi.
Kriteria utama dr jaringan
komunikasi data untuk dapat berjalan dengan baik:
1. Performance :
jaringan komunikasi data dpt menghantarkan data dengan tepat waktu, di mana
performance diukur dengan waktu respon jaringan. Waktu respon jaringan hrs
sesuai dengan apa yg dikehendaki oleh user. Faktor yg mempengaruhi waktu respon
adalah jumlah pemakai dlm sistem tsb, kecepatan transmisi, jenis media
transmisi dan jenis hardware/software yg digunakan.
2. Consistency
& Reliability : Data yg ditransmisikan hrs tepat, konsisten dan dpt
diandalkan sehingga user yakin akan informasi yg dihasilkan.
3. Recovery
: Jika mengalami kegagalan, jaringan hrs dapat segera dipulihkan kembali ke
tingkat operasi yg ditentukan sehingga kerusakan yg ditimbulkan seminim mugkin.
4. Security
: Pengaksesan data harus dilindungi dr pihak-pihak yg tidak berkepentingan
olehnya keamanan jaringan perlu dilakukan dengan sebaiknya.
Contoh jaringan komunikasi yg sering
digunakan adalah jaringan komputer atau computer networks. Sebuah jaringan
komputer dapat menyediakan media komunikasi yang sangat kuat di antara
orang-orang yang terpisah jauh.
Videotext : kemampuan terjadinya
transmisi dua arah antara televisi atau komputer dalam rumah dengan perusahaan
di luar rumah. Contoh : online banking, email, online video game.
Satelit : dengan menggunakan
receiver and transmitter TV satelit rumah, kita dapat berkomunikasi dengan org
lain melalui disk satelit yg ditempatkan pada propertinya. Antena ini dapat
menerima dan mengirimkan suara atau data ke bagian dunia lain dengan
merelay-nya ke satelit lain yg mengorbit bumi. For example, GPS.elevisi
c. Komunikasi Data
Komunikasi data merupakan gabungan
dari teknik telekomunikasi dengan teknik pengolahan data. Telekomunikasi adalah
segala kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran informasi dari titik
ke titik yang lain. Pengolahan data adalah segala kegiatan yang berhubungan
dengan pengolahan data; Gabungan kedua tehnik ini selain disebut dengan
komunikasi data juga disebut dengan teleprocessing (pengolahan jarak jauh);
Secara umum komunikasi data dapat
dikatakan sebagai proses pengiriman informasi (data) yang telah diubah dalam
suatu kodetertentu yang telah disepakati melalui media listrik atau
elektro-optik dari titik ke titik yang lain;
Sistem komunikasi data adalah
jaringan fisik dan fungsi yang dapat mengakses komputer untuk mendapatkan fasilitas
seperti menjalankan program, mengakses basis data, melakukan komunikasi dengan
operator lain, sedemikian rupa sehingga semua fasilitas berada pada terminalnya
walaupun secara fisik berada pada lokasi yang terpisah.
Pemikiran Dalam Komunikasi Data
è Menyalurkan
informasi secepat mungkin dengan kesalahan sedikit mungkin;
è Mengintegrasikan
semua jenis komunikasi menjadi satu sistem, yaitu ISDN (Integrated
Service Digital Network ) atau Jaringan Digital PelayananTerpadu;
Keuntungan Komunikasi Data
è Pengumpulan
dan persiapan data > Bila pada saat pengumpulan data digunakan suatu
terminal cerdas maka waktu untuk pengumpulan data dapat dikurangi sehingga
dapat mempercepat proses.
è Pengolahan
data > Karena komputer langsung mengolah data yang masuk dari saluran
transmisi
è Distribusi
> Dengan adanya saluran transmisi hasil dapat langsung dikirim kepada
pemakai yang memerlukannya.
Tujuan Komunikasi Data
è Memungkinkan
pengiriman data dalam jumlah besar efesien, tanpa kesalahan dan ekonomis dari
suatu tempat ketempat yang lain;
è Memungkinkan
penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukung dari jarak jauh (remote
computer use).
è Memungkinkan
penggunaan komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehingga mendukung
manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi maupun sentralisasi;
è Mempermudah
kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam
sistem computer.
è Mengurangi
waktu untuk pengolahan data;
è Mendapatkan
data langsung dari sumbernya (mempertinggi kehandalan).
è Mempercepat
penyebarluasan informasi.
Faktor - faktor pertimbangan
Komunikasi Data
a. Pengsinyalan
Pengsinyalan (signalling) adalah
suatu prosedur atau protokol yang harus dilaksanakan terlebih dahulu sebelum
pengiriman informasi dimulai.
b. Transmisi
Media transmisi harus efesien dan
dapat melayani berbagai jenis alat.Karakteristik transmisi :
è lebar
frekwensi yang dapat ditampung
è redaman
è daya
yang dapat ditampung
è waktu
yang dibutuhkan
c. Cara Penomoran
Penomoran harus unik dan mengikuti
rekomendasi atau persetujuan dari pihak tertentu.
d. Cara menyalurkan hubungan
(routing)
Menentukan policy ( kebijaksanaan )
bagaimana suatu hubungan akan dilaksanakan.
e. Cara menghitung biaya (tarif)
Menentukan struktur harga bagi jasa
pelayanan yang harus dibayarkan.
Bidang-bidang Operasi Komunikasi
Data
a. Bidang Data Collection
Data dapat dikumpulkan dari beberapa
tempat (remote station),disimpan dalam memori dan pada waktu - waktu tertentu
data tersebut akan diolah.Contoh : aplikasi inventori, penggajian, dll.
b. Bidang Inquiry and Response
Pemakai dapat mengakses langsung ke
file atau program. Data yangdidikirimkan ke sistem Komputer dapat langsung
diproses dan hasilnya dapat segera diberikan. Bila pemakai melakukan dialog
dengan komputer maka sistem semacam ini disebut interaktif. Contoh : aplikasi
perbankan, pembayaran dipertokoan.
c. Bidang Storage and Retrival
Data yang sebelumnya disimpan dalam
komputer dapat diambil sewaktu - waktu oleh pihak yang berkepentingan. Contoh :
aplikasi Message Switcing dan E-Mail.
d. Bidang Time Sharing
Sejumlah pemakai dapat mengerjakan
programnya secara bersama-sama.Setiap pemakai diberikan kesempatan untuk
bekerja selama jangka waktu tertentu yang tetap besarnya, setelah itu pemakai
lain akan mendapatkan kesempatan. Kalau terlalu banyak data yang harus
dikerjakan dalam satu satuan waktu fasilitas roll in-roll out harus
dipergunakan. Contoh : aplikasi pemakai sistem komputer secara bersama untuk
pengembangan perangkat lunak (software), perhitungan, rekayasa, pengolah kata
(word processing), CAD (computer aided design), dan sebagainya.
e. Bidang Remote Job Entry
Remote Job terminal mengirimkan
program atau data (teks) untuk disimpan ke komputer pusat tempat data diproses.
Program itu akan dikerjakan secara batch, yaitu diolah setelah gilirannya tiba.
Contoh : aplikasi yang menggunakan peralatan sistem komputer yang tempatnya
berjauhan.
f. Bidang Real Time Data Processing
and Process Control
Hasil proses dikehendaki dalam waktu
yang sesuai dengan kepentingan proses tersebut (real time). Contoh : aplikasi
pengaturan peralatan industri, sistem kendali proses, sistem telekomunikasi,
dsb.
g. Bidang Data Exchange Among
Computer.
Pertukaran data berupa program, file
dan sebagainya antar sistem komputer. Pada aplikasi ni data yang dipertukarkan
jumlahnya banyak dan waktu yang dikehendaki singkat sekali
blog nya tolol
BalasHapustulisannya kagak kelihatan anjir awokawokawok
BalasHapus